PROLOG

Posted: February 14, 2011 in Kegiatan

WORO-WORO

PROFIL & BIODATA CALON NARASUMBER PROGRAM "GURUKU BUKAN GURU"

Salam pendidikan!

Terima kasih telah berkunjung.

Lewat keberadaan weblog ini, kami bermaksud agar acara ini terpublikasi lebih luas. Blog ini memuat berbagai informasi tentang kegiatan Guruku Bukan Guru yang akan diselenggarakan oleh SD Pembangunan Jaya 2 Sidoarjo.

Dalam kegiatan ini, sekolah kami memberikan kesempatan kepada masyarakat umum sebagai tamu / narasumber, yang berbeda-beda latar-belakang profesinya untuk mengajar sekaligus memotivasi dan menginspirasi siswa-siswi di SD Pembangunan Jaya 2.

Para tamu / narasumber bisa seorang pejabat publik, entrepreneur, atlet, musisi, seniman, penulis, wartawan, pakar, praktisi, atau profesi lainnya. Para narasumber inilah yang diharapkan dapat memberikan motivasi dan menjadi sumber inspirasi bagi para siswa secara langsung melalui konsep belajar mengajar di kelas.

Melalui media dan metode inilah, walaupun para tamu / narasumber itu bukan seorang guru (tenaga kependidikan), namun mereka bisa menjadi seorang guru untuk memberikan arahan / bimbingan serta tauladan bagi siswa sejak usia dini.

Jadi, bisa dikatakan demikian:

Your Profession is My Inspiration.

Itulah tema dari program Guruku Bukan Guru dari SD Pembangunan Jaya 2 Sidoarjo.

Selamat menyimak…

Salam.

LATAR BELAKANG

DR (HC) Ir. Ciputra dalam bukunya yang berjudul “Quantum Leap” menyampaikan fakta bahwa setiap tahun perguruan tinggi di Indonesia menghasilkan lebih dari 300.000 lulusan, namun daya serap lapangan kerja untuk mereka terlalu sedikit, sehingga pada bulan Februari 2007 terdapat lebih dari 740.000 lulusan perguruan tinggi yang menganggur. Tanpa terobosan baru dalam bidang pendidikan, maka sekolah dan perguruan tinggi hanyalah akan menjadi “pabrik” penghasil pengangguran khususnya para pengangguran muda intelektual. Kondisi dan situasi seperti ini akan menjadi ancaman bom waktu yang dapat meledak sewaktu-waktu, jika kita tidak dapat mengantisipasinya sedini mungkin.

Mengapa hal ini bisa terjadi di Indonesia? Jawabannya tentu bukanlah takdir ataupun garis hidup semata. Namun, fenomena tersebut terletak pada kegelisahan yang berakibat pada kegagalan generasi mudanya dalam menentukan cita-cita hidup dan visi hidupnya.

Sekolah merupakan institusi pendidikan yang berada di garda terdepan untuk mempersiapkan generasi muda dalam rangka pembangunan bangsa dan negara. Selain fungsinya mengemban amanah untuk mencerdaskan kehidupan bangsa, sekolah merupakan salah satu lingkungan yang mempunyai peranan penting dan paling berpotensi untuk mengarahkan dan membimbing generasi muda untuk meraih cita-citanya di masa depan, tentunya hal ini harus sesuai dengan bakat minat dan kemampuan mereka.

Sekolah harus mampu memfasilitasi mereka dengan sarana prasarana yang memadai dan SDM yang berkualitas, agar setiap siswa mampu melihat sejauh mana potensi, bakat minat dan keahlian yang mereka miliki. Dengan harapan, sejak usia dini mereka telah memiliki cita-cita untuk masa depannya, untuk kemudian mereka berani menentukan jenis profesi apa yang sesuai dengan kemampuan mereka. Disamping itu, juga diperlukan peran aktif dan partisipasi dari semua elemen masyarakat dalam rangka pengembangan minat dan bakat siswa dalam rangka meraih cita-cita yang diharapkan dapat terwujud.

Pendidikan dengan orientasi yang baru harus mampu menjawab tantangan ini. Sekolah harus memberikan terobosan dan inovasi kepada siswa dalam hal memotivasi dan menginspirasi mereka dalam mengejar cita-citanya. Tidak hanya cerita, teori-teori maupun sekedar mimpi-mimpi belaka. Memotivasi dan menginspirasi mereka haruslah dalam bentuk yang nyata, konkret dan tervisualisasikan oleh seorang yang menjadi sumber inspirasinya untuk meraih cita-cita.

Berdasarkan latar belakang diatas, SD Pembangunan Jaya 2 Sidoarjo mempunyai inisiatif untuk mengadakan kegiatan puncak tema PROFESI yakni “Guruku Bukan Guru”, dengan mengambil tema “Your Profession is My Inspiration”.

 

 

MAKSUD DAN TUJUAN

Kegiatan ini dimaksudkan untuk memberikan kesempatan kepada siswa untuk berinteraksi dan berkomunikasi langsung dengan narasumber yang mewakili jenis profesi yang mereka cita-citakan, terutama profesi yang memotivasi dan menginspirasi mereka dalam meraih cita-citanya.

Adapun tujuannya adalah:

  1. Mengapresiasi berbagai jenis profesi yang saat ini dijalani oleh narasumber, dan memberikan kesempatan bagi narasumber untuk memberikan pendidikan dan pengajaran secara langsung kepada siswa di sekolah.
  2. Memperkenalkan secara langsung berbagai jenis profesi yang ada di dalam masyarakat, serta berusaha mengarahkan dan membimbing siswa dalam menentukan cita-cita dan profesinya sejak usia dini
  3. Menjalin komunikasi dan membangun kerjasama dengan stakeholder sekolah dalam rangka mensukseskan program-program sekolah pada khususnya, dan kemajuan pendidikan Indonesia pada umumnya.
  4. Melalui kegiatan ini, kami menjadikan sekolah sebagai ruang publik bagi masyarakat dan stakeholder pendidikan, serta kami berusaha untuk menepis anggapan / asumsi bahwa sekolah merupakan menara gading yang tidak bisa yang bisa diakses langsung oleh masyarakat umum.

 

SASARAN

Sasaran kegiatan ini adalah seluruh siswa SD Pembangunan Jaya 2 Sidoarjo, mulai dari kelas 1 sampai dengan kelas 6, dengan total keseluruhan 250 anak, komite sekolah dan orang tua wali murid.

 

TARGET

Target yang diharapkan melalui kegiatan ini antara lain:

  1. Menghadirkan beberapa narasumber yang mewakili beragam jenis profesi untuk memberikan motivasi dan inspirasi siswa di sekolah.
  2. Munculnya pemahaman dari siswa tentang keberagaman jenis profesi yang terdapat dalam masyarakat.
  3. Terciptanya semangat belajar dan motivasi pada siswa untuk meraih cita-citanya sejak usia dini.
  4. Adanya peran aktif dan partisipasi dari masyarakat umum dalam rangka mensukseskan kegiatan ini.

Poster ini hanyalah illustrasi yang tersirat sebuah pesan moral untuk menggugah kepedulian dan hati nurani kita semua untuk dapat mewujudkan mimpinya menjadi kenyataan.

NARASUMBER

Adapun narasumber yang akan kami libatkan dalam program Guruku Bukan Guru ini adalah mereka yang mewakili jenis profesi / pekerjaan yang terdapat dalam masyarakat. Kriteria untuk profesi yang kami libatkan dalam kegiatan ini adalah jenis profesi / pekerjaan  yang mampu menumbuhkan motivasi dan dapat memberikan insiprasi bagi siswa, yaitu:

  1. Pejabat publik                                                 : 1 (satu) orang narasumber
  2. Jurnalis / penulis / wartawan                  : 1 (satu) orang narasumber
  3. Entrepreneur / wirausahawan                 : 1 (satu) orang narasumber
  4. Seniman / budayawan / musisi               : 1 (satu) orang narasumber
  5. Olahragawan / atlet                                      : 1 (satu) orang narasumber
  6. Praktisi / pakar / tenaga profesional     : 1 (satu) orang narasumber

 

SERANGKAIAN KEGIATAN

Selain program Guruku Bukan Guru, SD Pembangunan Jaya 2 Sidoarjo juga mengadakan serangkaian kegiatan yang berkaitan dengan tema “Profesi”, yaitu :

  1. Lomba Fotografi tingkat SD, dengan tema “The Art of Proffesion”
  2. Lomba Essai tingkat SD, dengan tema “Kalau Aku Menjadi…..”

Profil Calon Narasumber

Comments
  1. Mr WordPress says:

    Hi, this is a comment.
    To delete a comment, just log in, and view the posts’ comments, there you will have the option to edit or delete them.

  2. pak obi says:

    wah ini, mbois…!!!

    • joseph ananda sugihdharma says:

      Saya ingin mempunyai guru yang sabar dan baik. Saya ingin guru yang bisa membantu aku saat saya kesusahan. Saya ingin guru yang bisa mengatur waktu dengan baik. Saya ingin guru yang bisa memberikan keceriaan setiap waktu,seperti memberi kegiatan bebas.

  3. Bakalan tambah mbois, jika mendapat dukungan dan support dari sampeyan (mohon doa restunya nggeh…)

  4. erbakan says:

    acara yang bagus sekali kang,selama ini siswa-siswi di sekolah lebih banyak terinspirasi dan termotivasi dari guru,dengan kegiatan ini,siswa dapat motivasi dan inspirasi dari nara sumber-nara sumber yg lain selain guru,seperti yang kang fajar sebutin diatas.pokoknya top markotop…

  5. dhani says:

    lek ini pancen seep dan mbois..

  6. debby says:

    salam mbois deh!
    tutup tema 3 kali ini keren abis..
    dari beberapa teman lama yang sudah saya hubungi mengatakan…interested, interesting… bahkan ada yang bilang “wah, guru2 pj itu seperti e.o. prof aja…”
    ya,iya dong…siapa dulu PJ-nya! ^^
    saya dukung kegiatan ini supaya siswa melihat sendiri dan mengecap sendiri profesi2 yang mereka sukai, sesuai cita citanya.
    seperti kidzania part 2…..
    sukses mboisnya!^.^v

  7. ade says:

    Mbois, sumpah mbois Kang!!!luar biasa, semoga tambah Jaya

  8. ade says:

    Kang Fajar, mhon izin “Latar Belakang” nya saya copy n publish di http://www.edukonten.blogspot.com. oh ya, atas nama prjuangan demi gnerasi yg lbih baik, saya juga siap bek ap acara via http://infosidoarjo.com. mtrnuwun

  9. Terima kasih sudah berkunjung di website “Guruku Bukan Guruku”…
    Mohon doa dan dukungannya demi kelancaran program ini.
    Sekali lagi terima kasih atas komentar dan saran Anda.
    Wassalam

  10. Tiara says:

    Aku ingin punya guru seorang pelukis profesional. Guru yang pintar.

  11. Sheryl says:

    Aku ingin punya guru yang baik dan tidak cepat marah.Aku juga ingin guru seorang pelukis profesional.

  12. M. fahmi. f says:

    menurutku aku ingin punya guru yang baik,sabar,dan tidak galak. aku ingin belajar lebih baik
    dengan guruku lagi. aku juga mendukung program ini. karena program ini penting dan seru. aku sangat senang waktu mendengar sekolah mengadakan program ini. karena aku belum pernah diajar guru lain yang bukan guruku

  13. Aku ingin mempunyai guru yang baik dan sangat sabar. Aku sangat senang bila mempunyai guru yang baik dan sangat sabar,jika mempunyai guru baik aku akan menuruti perintahnya dan serius bila diajarkan dan aku ingin mempunyai guru yang lucu dan pandai berolahraga.

  14. jessica aurelia says:

    saya ingin mempunyai guru yang pintar, baik, sabar dan penyayang…. buat apa kalau punya guru yang baik,, penyayang,,pintar,,sabar,.. percuma kalau kita punya guru baik tapi kitanya gak mau belajar dan bolos sekolah….

  15. kapan ya aku bisa bermain bola dengan guru baru, aku tidak sabar ingin bermain bola dengan guru baru.

  16. Tiara says:

    Aku ingin punya guru seorang pelukis profesional. Guru yang pintar,cerdas, & kreatif. Aku ingin kalau guruku seperti Affandi. Karena aku sangat suka menggambar & melukis. Meskipun begitu gurunya baik & tidak galak. Aku mau guru yang suka dengan seni. Gurunya juga suka bercanda. Seperti Pelawak di Opera van Java.

  17. aku ingin mempunyai guru yang lucu untuk menghibur semua kelas dan aku sangat mendukung program ini.

  18. jessica aurelia says:

    kalau kita mau punya guru yang baik kita harus menjadi anak baik.. tidak usah sangat pintar cukup menjadi anak baik dan pantang menyerah.. guru adalah cita-cita yang sangat berjasa bagi semua… kalau ingin menjadi guru harus pandai,, dan sabar hehehehe

  19. M. fahmi. f says:

    wah semua kelas aku ngirim coment huuueeebbaaaaattt yaaaahhh.
    aku mendukung program ini sepenuhnya

    ————- ————-
    *
    *
    x x
    x x x x x x x x x x x x

  20. Tiara says:

    Aku mau guru yang bisa menyanyi seperti justin bieber. Trus bisa main piano dan main gitar. Kan asik kalau dikelas gurunya nyanyi sambil main gitar, muridyna nggak akan stress.

  21. joseph ananda sugihdharma says:

    Aku ingin guru yang baik dan dapat memberikan kesenangan setiap waktu

  22. Ratu says:

    aku ingin guru yang sering gembira dan sering ketawa heheheheh aku ingin banget guru ceria aku suka guru seperti itu

  23. kent ezra says:

    Guru adalah guru yang membimbingku. merekalah yang membuat kita pintar. guru membaca buku. Buku itulah yang membuat guru mengajar kita dengan baik. Hargailah gurumu karena merekalah yang membutat kita yang tidak pintar menjadi pintar.

  24. Caraka says:

    guru adalah yang memeberi kita pengetahuan.Kita semua sangat perlu guru untuk membimbing kita dan untuk mencapai cita cita. kita semua harus selalu mendukung kegiatan ini.

  25. Diva says:

    KALAU AKU INGIN……….Mempunyai guru yang guanteng seperti idola saya justin bieber dan juga cuakep,pinter,buaik seperti JUSTIN BIEBER.justin bieber tak tersaingi.

  26. Alamanda*Amira.co.id says:

    wwwhhhaaaaa ,..
    trnyta SD PJ punya website skren ini, ..
    skolah yg lain psti kalah,..
    Websitenya keren banggetzzz…

    🙂

  27. Anin says:

    Aku ingin guru yang bersifat humor,,suka bercanda dan juga serius jadi klo dikelas pas belajar nggak akan pusing,ngantuk,stress, ato apa aja yang bikin error..
    hehehehehehe

  28. Ian Fernando says:

    AKU PINGIN GURU YANG SABARDAN PINTAR. AKU JUGA PINGIN PUNYA GURU MAIN BOLA YANG BAIK,PINTAR ,SABAR ,DAN HEBAT.AKU PINGIN PUNYA GURU MAIN BOLA KARENA KALU GURUNYA HEBAT PASTI SEKOLAHKU BISA JUARA .

  29. Ratu says:

    aku juga tidak ingin guru yang tidak marah marah dan tidak cemberut seperti orang yang ada masalah itu tidak enak harus selalu smile:) hehehehe i like it

  30. William Ehud Gunawan says:

    Gue punya guru yang baik,sopn,and cantik….kalo gitu.aku gak akan stress and bored.otre kwkwkw

    • William Ehud Gunawan says:

      aku juga suka guru yang ssssssssssssuuuuuuuuuuuuuuuuuukaaaaaaaaaaaaaaaaaa banget sama budaya india.kayak bu yuli.yang manis dan baik^_^.duing duing

  31. Alamanda_AmiraGirlz.We.bl.com says:

    Moga2 SDPJ puny mrd bnyak,..

    AMIEN, AMIEN, YA RABBAL ALAMIN,..

  32. gyan evan says:

    guruku adalah guru yang sangat baik dan pintar. andakan guruku adalah pemain bola di tim indonesia saya akan medukungnya setiap hari dan tak akan pernah kalah mempunyai piala sebanyak 10 piala.
    guruku ayolah maju terus !!!!!!!!!!

  33. Axel Geraldo says:

    aku ingin sekali jadi pemain bola yang terkenal

  34. Anin says:

    Truss.. Aku juga ingin guru yang bisa nge-dance..!! Jadi sekelas bakal gokil abiezz!! wkwkwkwkw Juga guru yang bersifat ramah, jenius, dan humoris! wahh keren banget tuh!! ~_~

  35. Ian Fernando SUJIANTO says:

    SETIAP GURU PASTI MEMILIKI SIKAP KESABARAN DAN JUGA TINGKAT KEPINTARAN .SEBETULNYA GURU ITU BERJASA BAGI KITA .MEREKA MEMBERIKAN ILMU KE KITA. COBA BAYANGKAN KALAU TIDAK ADA GURU PASTI KITA TIDAK PINTAR.

  36. Diva says:

    Menurutku guru yang sangat humoris adalah pak sidik,pak fajar,dan pak oby.
    kalau pak sidik udah kayak justin bieber soalnya ska main gitar.
    kalau pak oby udh kayak komeng humorisnya sudah level seribu.
    kalau pak fajar kayak olga syahputra yang pintuer humorz juga.

  37. Anin says:

    Seandainya ada guru yg imut2 sm gaul gmn ya?? Ckckckckckckckc🙂

  38. Alamanda_AmiraGirlz.We.bl.com says:

    Akh ingn SDPJ mngadakan FUTSAL,
    tp FUTSALnya khusuz bwt cewe,,…..
    plizzzzz,…🙂😀

  39. Alamanda_AmiraGirlz.We.bl.com says:

    ak ingn di ltih bola sm C.R.
    hehe ..

  40. Nadhira says:

    aku ingin banget punya guru yang baik,sabar,nggak galak-galak….,kalau gurunya galak..,malah nggak bisa belajar…,,nggak konsentrasi.Kalau gurunya baikkan murud-muridnya senang..,kalau suka dimarahin terus kan…pikirannya nggak enak…:p

    ~ Thanks ~

  41. Nadhira says:

    😮😀🙂😉😦

  42. Ratu says:

    🙂 :O😦

  43. Nadhira says:

    🙂😀🙂😀

  44. Maria Ekawati (Fefe) says:

    Kalau gurunya beda-beda profesi..Kita bisa ngerti banya tentang profesi-profesi yang laindan pastinya yang lebih seruuuuu!!!!!!!Bisa tau caranya jadi orang yang berprofesi lain tetapi di sekolah…Kalau gurunya Justin Bieber…Lucu dan Seru ya?

  45. Anin says:

    Menurutku….. Guru yang paling aku sukai itu Pak Fajar dan Pak Sidik… Pak Fajar suka bercanda, Pak Sidik juga!😀 Tapi sayangnya.. Pak Fajar jarang kelihatan main gitar…:(😥
    Klo Pak Sidik… Kelihatannya sudah cukup jago maen gitarnya…:D Buat Pak Fajar n Pak Sidik,, TETAPLAH MENJADI DIRI KALIAN SENDIRI!!!😉😀

  46. Diva says:

    YNG plg sring ngolok aq di klas itu caraka N ezra,,,,,tetepi guruku menasihati mereka dan biasanya aku dinasihati dengan sabar. THX guruku yang buaiiiik.

  47. Terima kasih buat siswa kelas 4B dan kelas 5 yang sudah memberikan saran dan komentarnya dalam program pendidikan “Guruku Bukan Guru”.
    Semoga kegiatan ini mampu memotivasi dan menginspirasi kalian untuk menjadi manusia Indonesia seutuhnya.
    Matur nuwun & Wassalam

  48. abun says:

    aku ingin di ajar oleh seorang pendekar sakti

  49. m .fahmi. f says:

    siiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiipppppppppppppp

    bangetssssss

    ayoo dukung terus program ini caranya:

    tau sendiri kaaaaaan kirim comment sebanyak banyaknyaaaaaaaaaa

    MMMBBBOOOIIISSSZZZ

  50. m .fahmi. f says:

    PPPPPP III PPPPPP)
    P I P P)
    PPPPPP III PPPPPP) KEREN ABIIIIZZZZZ
    P
    P SSSUUUIIIIIIPPPPP

  51. m .fahmi. f says:

    POTOKNKNYA ATU INGIN GULU YANG BAIK CEKALI CAMA KELENZZZ

  52. m .fahmi. f says:

    HADIAAAAAHNYAAA APAAN YAAAA

    HEHEHEHE

  53. Chalid_10 says:

    woy, mbois jeh…!!!
    ini ada hadiahnya gak????
    klo ada

    APA HADIAAHNYAAAAA!!!!

    kwokwok =)

  54. Chalid_10 says:

    woy, mbois jeh…!!!

    nie narasumbernya dateng dri mana???

    • narasumber yang kami undang akan mewakili jenis / rumpun profesi yang berbeda. Para narasumber nantinya akan bertatap muka dengan siswa sekaligus untuk memotivasi dan menginspirasi siswa dalam menentukan cita-citanya.
      Dateng dari manakah narasumbernya…..
      jawabannya adalah…. mereka akan datang dari arah yang tidak pernah kita duga-duga sebelumnya.
      Thanks for your comment

  55. Mayang_YKA says:

    Wah,,wah,,wah gak sabar pengen ikut acaranya langsung niiii!!!!!!
    pengen tahu gmn cara bicara,gayanya,banyak deh ttg seniman
    reccomended to come!!!

  56. Mayang_YKA says:

    Hadianya Bagus bgt yah sesuai dgn Hu..hu..humor
    wkakakakakakak I like this web!!!!

  57. Mayang_YKA says:

    KERRRRRRRRRRRRRRRREEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEENNNNNNNNNNNNNNNNNN!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  58. Mayang_YKA says:

    WUAH WUAH WUAH WUAH ACARANYA MBOIISSS

  59. Mayang_YKA says:

    AYO SEMUA JANGAN GA MASUK PAS ADA ACARA INI RUGI BESAAAR

  60. Dea says:

    Wik, desainnya keren :DDD

  61. Dea says:

    Aku setuju dengan kegiatan ini. Aku berharap dengan kegiatan ini murid-murid SD PJ 2 bisa semakin menambah wawasan tentang profesi-profesi di dunia!

  62. daffa says:

    its very cool……! just like me!

  63. ratu says:

    wah ternyata banyak juga yang mengomentari ya
    aku ingin ada guru yang mengajari bahasa INDIA pasti seru🙂

  64. Nadhira :) says:

    🙂😀😮😉 HELOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOO………………..

  65. daffa says:

    aku berharap ada guru yang mengajari teknik survival tentara kopasus(komando pasukan khusus)

  66. Radisya tuw cienta damaeh says:

    @dea: Aaaaammmmmiiiiiieeeeennnnn!!!!!!😎

  67. Radisya itz Jak xlaluw says:

    Q tunggu bambang pamungkas n natalie (AWI) dtg ke skul.aaammmiiieeeennnnn!!!!

  68. axell says:

    ayoooooooooooooooooo

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s